• Indeks
  • Redaksi
  • Tentang Kami
  • Kode Etik
  • Peraturan Dewan Pers
  • Disklaimer
Jumat, November 7, 2025
  • Login
SumutSatu
  • Beranda
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Bisnis
  • Edukasi
  • Rileks
  • Video
Tidak ditemukan.
Tampilkan seluruhnya.
  • Beranda
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Bisnis
  • Edukasi
  • Rileks
  • Video
Tidak ditemukan.
Tampilkan seluruhnya.
SumutSatu
Tidak ditemukan.
Tampilkan seluruhnya.
  • Home
  • News
  • Politik
  • Bisnis
  • Sport
  • Rileks
  • Video
  • Indeks
Home News

Kadis Dukcapil Padang Lawas Sambut Kunjungan Ombudsman Sumut

26 Juni 2024
Rubrik News
0 0
A A
Kadis Disdukcapil Padang Lawas saat menerima kunjungan Ombudsman Sumut

Kadis Disdukcapil Padang Lawas saat menerima kunjungan Ombudsman Sumut

0
VIEWS

PADANG LAWAS – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) menerima kunjungan Ombudsman Republik Indonesian Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di lingkungan Kantor SKPD Terpadu Sigala-gala, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Selasa (25/06/2024) pagi.

Ombudsman melakukan kunjungan dan penilaian kerja di beberapa lingkungan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Padang Lawas.

Kunjungan Ombudsman diketuai Adwadr Silaban di kantor pelayanan Disduk Capil disambut langsung oleh Kadis Capil Palas Dra Hj Nelli Suriyani Hasibuan bersama jajaran, diantaranya Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Fathiah Sri Muliyati SSos, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Sinar Nasution Spd, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Suparman S, Sos, Plt Kabid Catatan Sipil Rudi Ismail Pulungan SH, dan juga hadir dari Kabag Orta Sekdakab Palas Nur Hafifa Hasibuan.

Kunjungan tersebut mengacu pada undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik mewajibkan setiap penyelenggara pelayanan publik untuk memenuhi Standarisas dan ini merupakan tolak ukur sebagai pedoman penilaian penyelenggara pelayanan dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Ombudsman telah melakukan penilaian kepatuhan penyelenggara pelayanan publik sejak tahun 2014 lalu.

Hal ini dilakukan dalam rangka pelaksanaandan kegiatan pencegahan mal administrasi serta menjalankan kewenangan sebagai pengawas pelayanan publik.

BacaanLainnya

Soeharto Jadi Pahlawan Nasional, GP Al Washliyah: Cuma PKI yang Menolak

Sambangi Dua SMA di Binjai, Jasa Raharja Ajak Pelajar Taat Pajak dan Tertib Berlalu Lintas

Program Diskon dan Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Sumatera Utara Diperpanjang Hingga 30 November 2025

Sejak tahun 2021 hasil penilaian dibuat dalam bentuk ketegorisasi tingkat kepatuhan tinggi (Zona Hijau), tingkat kepatuhan sedang (Zona Kuning), dan tingkat ke kepatuhan yang paling rendah yakni (Zona merah).

Proses pemeriksaan penilaian memuat beberapa indikator yakni, seperti ketersediaan persyaratan, ketersediaan sistem, mekanisme dan juga, ketersediaan jangka waktu penyelesaian, ketersediaan biaya/tarif, ketersediaan produk layanan, maklumat pelayanan (publikasi dan substansi/kualitas), pelayanan khusus, ketersediaan visi misi pelayanan, ketersediaan moto pelayanan, ketersediaan atribut, serta ketersediaan pelayanan terpadu.

Selain itu, Ombudsman juga memeriksa beberapa indikator dibawah ini, yakni penundaan berlarut larut, permintaan imbalan, penyimpangan prosedur, tidak kompeten, serta perilaku tidak patut.

Begitu pula dengan dimensi pengaduan terdapat beberapa indikator berikut, penyelenggara pelayanan melaksanakan kewajiban dalam pengelolaan pengaduan, penyelenggara pelayanan menyediakan sarana pengaduan, pengelola yang kompeten untuk melaksanakan fungsi pengelolaan pengaduan, penyelenggara wajib melakukan pembinaan terhadap pengelola, penyelenggara pelayanan melaksanakan mekanisme dan tata cara pengelolaan pengaduan, jangka waktu penyelesaian pengaduan, dan pelaksanaan penyelesaian pengaduan.

Selain i pemeriksaan, Ombudsman juga mewancarai langsung masyarakat atas kelayakan pelayanan dan dan ketepatan waktul dalam hal Pengurusan dokumen kependudukan di Disdukcapil Palas.

Dari hasil wawancara dengan masyarakat, ombudsman Sumut mendapat masukan tentang pelayanan disdukcapil Palas, masyarakat merasa masih dilayani dengran baik disaat mengurus data kependudukan dan pengajuan Identitas Diri (ID), hanya saja terkadang Disdukcapil Palas sering ,terkendala dengan jaringan” ujar salah seorang masyarakat yang di wawancarai,

Di akhir pertemuan, Kadis capil Palas Nelli Suriyani menyampaikanterimakasih atas kunjungan Ombudsman ke kantor Disdukcapil Palas.

“Masukan yang telah diberikan Ombudsman semoga dapat menjadi motivasi kami untuk lebih meningkatkan Pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Nelli. (MS)

Tags: Kadis Disdukcapil Padang Lawas Sambut Kunjungan Ombudsman Sumut
Sebelumnya

Masyarakat Kualuh Leidong Dukung Penuh Aksi Pemberantasan Narkoba

Selanjutnya

Pemkab Padang Lawas Rakor Rembuk Stunting Siapkan Aksi Ketiga Konvergensi

BacaanLainnya

News

Soeharto Jadi Pahlawan Nasional, GP Al Washliyah: Cuma PKI yang Menolak

6 November 2025
News

Sambangi Dua SMA di Binjai, Jasa Raharja Ajak Pelajar Taat Pajak dan Tertib Berlalu Lintas

6 November 2025
News

Program Diskon dan Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Sumatera Utara Diperpanjang Hingga 30 November 2025

6 November 2025
Sumut

Gubsu Bobby Nasution Minta PKK Perkuat Program Pola Asuh Anak-Remaja dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga

6 November 2025
Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah I Medan adalah Bapak Pernando L. Tobing, S.P., M.Si.

POPULER

  • Dandim 0203 Langkat Letkol Inf Medwin Sangkakala SSos dan Ketua MPC PP Langkat Dewa Peranginangin SH memberi tali asik kepada yatim piatu dan dhuafa.

    HUT TNI dan Pemuda Pancasila, MPC PP Langkat Gelar Baksos Bersama Dandim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ditipu Warga Langkat dan Rugi Ratusan Juta, Ranjot Singh: Aset Juga Disandera

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pasangan Erwin-Khairum Ungguli Pemilihan Presma UMN Al Washliyah Medan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sumut Foundation : Apresiasi Asbin Pasaribu, Angkat Marwah Kemenag Labuhanbatu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Aksi Demo Jurnalis Sumut: Copot Kapolsek Patumbak, Tangkap Pelaku Penganiayaan Terhadap Wartawan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemkab Deliserdang Raih Penghargaan Terbaik I Pembayaran Premi Iuran Wajib Pegawai 8 Persen

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jasa Raharja Gelar Kegiatan MUKL di PT Halmahera: Wujud Kepedulian terhadap Kesehatan dan Keselamatan Karyawan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kabupaten Langkat Raih Juara 2 di North Sumatera Innovation Forum 2024 Dengan Inovasi Layanan Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
SumutSatu

© 2022 SUMUTSATU.ID - Kritis Dalam Memberi Solusi

Navigate Site

  • Indeks
  • Redaksi
  • Tentang Kami
  • Kode Etik
  • Peraturan Dewan Pers
  • Disklaimer

Follow Us

Tidak ditemukan.
Tampilkan seluruhnya.
  • Home
  • News
  • Politik
  • Bisnis
  • Sport
  • Rileks
  • Video
  • Indeks

© 2022 SUMUTSATU.ID - Kritis Dalam Memberi Solusi

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In